Wisata Kuliner: Mencicipi Sate Klatak Khas Jogja

Posted by Yanuar Gajaksahda Rabu, 07 April 2010 0 komentar
Wisata Kuliner khas Jogja yang satu ini, adalah Sate. Sate di Jogja sangat beragam aneka rasa dan jenisnya. Ada Sate Kuda, Sate Kambing, Sate Sapi, Sate Ayam, dan masih banyak lagi. Kini kita menelusuri Wisata Kuliner Kotagede, yang terkenal dengan Sate Klatak.

Jika sate kambing pada umumnya dibaluri ramuan bumbu ketumbar, kemiri, asam, dan garam, agar aromanya menggugah selera, maka tidak demikian dengan sate klatak. Sate klatak hanya diberi garam, sehingga terasa asin dan gurih.

Sate klatak yang dijajakan di pasar yang terletak sekitar 12 km arah selatan Yogyakarta itu berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate klatak tidak dibaluri bumbu sebagaimana sate kambing pada umumnya.

Selain bumbu, yang membedakan sate klatak dengan sate kambing lain adalah irisan daging sate klatak sebesar ibu jari orang dewasa dan ditusuk dengan besi jeruji sepeda, bukan bilah bambu. Irisan daging yang ditusuk besi jeruji yang hanya dibumbui garam itu langsung dibakar di atas bara.

Penggunaan ruji membuat sate klatak matang sampai kedalam, sedangkan kombinasi daging kambing terbaik, bumbu yang sederhana dan penggunaan arang kayu menghasilkan cita rasa sate klatak yang khas.

Seporsi sate klatak terdiri dari 2 tusuk sate dan sepiring nasi. Dua tusuk sate tadi pas dengan sepiring nasi, keduanya tandas habis ketika pesanan tambahan datang, sehingga sate tambahan dinikmati tanpa nasi. Ternyata sate klatak enak dimakan dengan ataupun tanpa nasi. Harga untuk seporsi antara Rp 10.000 - Rp 15.000 untuk Sate Klatak.

Bagi anda yang kurang menyukai sate, anda bisa memilih menu lainnya dari Warung Makan ini. Menu yang lain selain Sate Klatak adalah Gulai dan Tongseng. Masakan ini juga terasa nikmat dan berbeda, untuk harganya juga gak jauh berbeda antara Rp 8.000 - Rp 15.000

Lokasi menuju Sate Klatak Pasar Jejeran
Dari Terminal Giwangan, ambil arah ke selatan terus sepanjang jl.Imogiri Timur, ikuti jalan itu sampe ketemu perempatan lampu merah Pasar Jejeran Wonokromo. Di sebelah kiri jalan sesudah kita melewati perempatan itu adalah pasar jejeran,

Datanglah malam hari, maka akan ketemu penjual sate klatak itu,ada 3 "gerai lesehan",tinggal pilih,yg sebelah utara, tengah atau selatan di dalam pasar itu. Mereka menggunakan area los pasar untuk berjualan.

Untuk mengunjungi wisata kuliner Khas Jogja Sate Klatak ini, anda tinggal hubungi TRANSMOJO dan menggunakan layanan wisata 8 jam biaya Rp 80.000 saja. Lebih mudah dan fleksibel, sehingga anda dapat menikmati wisata Kota Jogja.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Wisata Kuliner: Mencicipi Sate Klatak Khas Jogja
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2010/04/wisata-kuliner-jogja-mencicipi-sate.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.