Daftar Sentra Gudeg untuk Wisata di Jogja

Posted by Unknown Selasa, 16 Maret 2010 1 komentar
Gudeg juga merupakan salah satu wisata kuliner khas Jogja yang sudah terkenal hingga mancanegara, bahkan hotel berbintang lima pun sering dapat permintaan makanan gudeg dari wisatawan asingnya. Sehingga mau tak mau, gudeg merupakan menu wajib bagi hotel.

Jika anda ingin menikmati Gudeg, perhatikan jenis gudeg apa yang anda inginkan. Gudeg ada 2 jenis, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Perbedaan dari gudeg ini adalah: Gudeg kering tidak memiliki kuah, rasanya lebih manis, dan warna gudeg lebih gelap/hitam. Sedangkan Gudeg basah memiliki kuah sayur tempe atau tahu yang telah dipotong.

Gudeg Kering biasanya disantap untuk pagi dan siang hari, namun gudeg basah biasanya masyarakat Jogja menghidangkan untuk menu pagi dan malam hari. Berikut ini beberapa daftar sentra gudeg yang ada di Jogja:

Sentra Gudeg Kering Mbarek
Mbarek merupakan suatu kawasan gudeg di daerah Selokan Jalan Kaliurang. Tepatnya Sebelah Utara Fak. Kehutanan UGM, dan sebelah Timur MM UGM.

Didaerah ini terdapat gudeg Yu Narni, Yu Djum, dan Bu H. Ahmad yang sudah terkenal karena citra rasanya. Banyak wisatawan luar kota yang sering mampir beserta rombongannya ke warung makan ini. Jika bertepatan dengan hari libur panjang, maka suasana di warung makan ini sangat ramai dikunjungi pembeli.

Denah menuju sentra Gudeg Mbarek : Dari Tugu Jogja, anda menuju ke timur ( ke arah jalan solo ), sampainya di pertigaan Mc Donald anda belok ke kiri menuju ke arah mirota kampus. Dari perempatan Mirota Kampus anda masih jalan lurus atau menuju ke arah utara lagi ( Jl.Kaliurang ), setelah itu anda akan menemui lampu merah MM UGM atau polsek bulaksumur.


Sentra Gudeg Kering Wijilan
Sentra gudeg wijilan sudah terkenal dan juga sangat ramai. Biasanya wisatawan yang datang kesini berasal dari luar kota. Namun sentra ini memiliki tempat yang kurang luas, sehingga jika musim libur kita sulit untuk mendapatkan tempat duduk.

Rasa dari gudeg kering ini tidak semuanya manis, ada beberapa tempat yang rasanya tidak terlalu manis, seperti Gudeg Bu Lies dan Gudeg Widodo. Sehingga pelanggan yang tidak menyukai rasa manis, dapat menikmati rasa gudeg khas Jogja ini.

Denah menuju Sentra Gudeg Wijilan: Dari jalan malioboro ke arah selatan menuju alun - alun keraton, setelah perempatan kantor pos anda memasuki wilayah alun - alun keraton dengan adanya gapura. Setelah itu pertigaan alun-alun anda berbelok ke kiri.

Setelah melewati gapura keraton, anda berbelok ke kanan untuk memasuki terowongan, setelah itu sebelah kiri jalan anda akan menemui banyak rumah makan yang menawarkan masakan gudeg khas Jogja. Gudeg Yu Djum, Gudeg Bu Lies, Gudeg Widodo, Gudeg Campur Sari.

Sentra Gudeg Basah Jl.Solo
Gudeg Basah dapat anda temukan pada pagi hari di beberapa tempat di Kota Jogja. Biasanya dijual dengan sistem

Untuk malam hari, sentra gudeg basah yang terkenal di Kota Jogja adalah Jl. Solo (Jl. Adisucipto). Di sepanjang jalan ini, mulai Pkl. 21.00 – 02.00 anda dapat menjumpai penjual gudeg berderet dengan sistem lesehan. Di sentra gudeg basah ini, yang terkenal adalah: Gudeg Ibu Kota (depan Toko Duta Foto), Gudeg Batas Kota (depan saphir square).

Jika anda ingin menikmati atau ingin membawa oleh – oleh untuk dibawa pulang, anda sebaiknya hubungi layanan antar barang dari Transmojo. Cukup telp call centre kami, 30 menit gudeg sudah siap anda santap di hotel atau tempat penginapan anda.

Atau jika anda ingin menikmati gudeg ini di tempat langsung, anda cukup gunakan layanan jasa taxi motor dari Transmojo. Biaya hanya Rp 10.000,- untuk sekali antar, atau cukup 20.000 saja jika anda perlu diantar kembali hingga pulang ke hotel. Dengan demikian, anda dapat menikmati wisata Jogja dengan lebih baik.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Daftar Sentra Gudeg untuk Wisata di Jogja
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2010/03/daftar-sentra-gudeg-untuk-wisata-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat tertarik dengan artikel2 yang ada disini, sekarang saya mencoba untuk mengajak kerja sama dengan semua relasi yang mungkin tertark, bahwa saya mempunyai lokasi kedai yang strategis, terletak di jalan Damai No. 9 Jln kaliurang km 8.5, Dapure mbah kerto, mengajak bekerja sama bagi yang mau membesarkan tempat kami, dengan sistim konsinyasi atau sistim yang lain. Perlu diketahui Luas lahan sekitar 350m2, 80 seat, parkir, wifi, layar lebar, listrik, air, toilet. Bagi yang berminat hub. Trikrisyanto 08112551059, saat ini baru buka malam hari untuk mie jawa.

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.