10 Wisata Kuliner di Jogja yang Unik dan Terkenal

Posted by Unknown Selasa, 12 April 2011 43 komentar
Wisata Jogja  tentunya tak lepas dari wisata kuliner khas Jogja. Mungkin anda bingung mencari menu masakan yangkhas dari Kota Gudeg ini. Biasanya, tamu kami bertanya: " Kalo makanan yang khas di Jogja apa saja mas ". 


Untuk menghadapi itu, kami memberikan referensi kepada anda semua dengan memberikan 10 wisata kuliner di Jogja yang wajib anda kunjungi. Tempat - tempat kuliner ini sangat beragam, mulai dari makanan berat, ringan hingga tempat kuliner yang menjadi favorit Raja Keraton Ngayogyokarto. Kami pilihkan dengan konsep yang unik dan menarik


Berikut kat ini daftar wisata kuliner yang wajib anda kunjungi selama berada di Yogya:



1. Bakmi Jawa
Bakmi Jawa di Yogyakarta jelas sangat berbeda dan memiliki khas tersendiri, Selain rasanya yang gurih, . Bakmi Jawa biasanya di masak dengan menggunakan Anglo ( tungku dari tanah liat dengan bahan baku arang ). 


Bakmi Jawa yang terkenal di Yogyakarta adalah :
a. Bakmi Jawa Mbah Mo ( Dusun Code Manding Bantul ). Letaknya sangat terpencil di dusun 
    code, namun menjadi incaran para pejabat dan artis ketika berkunjung ke Yogyakarta.
b. Bakmi Jawa Kadin. Bakmi Jawa yang sudah terkenal sejak dahulu kala, letaknya dekat 
    dengan Pakualaman, persis di samping Supermarket Superindo.
c. Bakmi Jawa Pak Pele, langganan para seniman Jogja. Letaknya di sebelah selatan Alun - Alun Utara, atau dekat dengan Pagar Keraton. 

2. Gudeg
Anda sudah tahu gudeg?? jika belum silahkan baca artikel ini terlebih dahulu. Banyak sekali penjual gudeg di jogja, mungkin anda bingung gudeg mana yang terkenal dan unik. Disini kami akan menampilkan keunikan gudeg di Jogja.

Gudeg Yu Djum, merupakan legendaris gudeg di Jogja. Jika anda ingin menikmati kenyamanan, sebaiknya anda makan di rumah Yu Djum di daerah Mbarek Jl Kaliurang Selokan Mataram, deket MM UGM Yogya. Semua masyarakat di Indonesia dan Mancanegar pasti tahu Gudeg Yu Djum, jadi ini harus anda kunjungi sebagai referensi wisata kuliner di Jogja.

Selain Gudeg Yu Djum, anda juga harus menikmati Gudeg Pawon. Gudeg Khas Jogja yang memiliki Sensasi dalam menikmati makanan gudeg di dapur ( pawon - bahasa jawa ). Bukanya Hanya jam 11 malam, hingga jam 2 pagi saja. Letaknya di Jl. Janturan deket ( Selatan Pamella Swalayan Jl. Kusumanegara ).

Bosen atau anda sudah pernah mengunjungi kedua tempat diatas?? Kami referensikan Gudeg Permata ( Jl. Sultan Agung ) depan Bioskop Permata deket Pakualaman ( tempat tinggal Paku Alam ), selain itu juga ada Gudeg  Wijilan, sebagai sentra Gudeg di Jogja.

3. Soto Khas Jogja
Makanan Soto tentunya anda sudah tahu semua. Naahh.. soto yang khas dan terkenal di Yogyakarta adalah Soto Kadipiro, yang terletak di Jl. Wates dekat perempatan Wirobrajan. 

Di jalan ini anda akan menemui banyak Warung Makan Soto Kadipiro, namun yang asli adalah Soto Kadipiro yang berada di utara jalan ( satu deret dengan pom bensin ). Soto Ayam yang tidak bersantan ini berdiri sejak tahun 1921, dibangun oleh Pak Karto Wijoyo.


Selain Soto Kadipiro, Soto yang terkenal di Yogyakarta adalah Soto Pak Sholeh yang terletak di Jl Wiratama Tegal Rejo Yogyakarta. Tepatnya Jalan masuk Museum Sasana Wiratama Pangeran Diponegoro. Penampilan soto yang bening dan seger terlihat nikmat untuk dinikmati siang hari. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu Rp 8.000 untuk 1 porsinya.

4. Mangut Lele Mbah Marto
Wisata Kuliner khas Jogja yang jarang didengar adalah Mangut lele ini. Mangut Lele, sesuai namanya menawarkan masakan olahan dari ikan lele. Tidak seperti masakan lele biasa, lele sebelum dimasak bersama kuah santan gurih dan pedas seperti kuah gulai, lele terlebih dahulu dibakar diatas tungku, sehingga dagingnya matang saat pembakaran.

Mangut Lele yang terkenal sejak dahulu adalah Mangut Lele Mbah Marto, letaknya di Dusun Geneng Sewon Bantul, atau tepat di belakang Institut Seni Indonesia ( ISI ) Yogyakarta. Walaupun namanya Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto, namun yang terkenal adalah masakan Mangut Lelenya. Banyak kalangan artis dan pejabat dari luar kota yang menjadi langganan Mbah Marto.

Menu Warung Sego Gudeg Geneng Mbah Marto selain Mangut Lele, antara lain: Ceker, Gudeg Setengah Kering, Sambal Krecek, Sate Keong, Garang Asem, dll. Harga satu porsi mangut lele sebesar Rp 8.000 atau 10.000 dengan menu kompli ( Nasi, Mangut Lele, Gudeg dan Sayur Daun Pepaya ).


5. Oseng Oseng Mercon Bu Narti
Oseng oseng mercon pada dasarnya sama dengan sayur oseng - oseng lainnya, namun kelebihannya disini sayuran oseng - oseng Bu Narti terasa bagitu pedas hingga dikatakan sebagai oseng - oseng mercon. 

Oseng - oseng mercon bu Narti ini terletak tidak jauh dari Malioboro, sehingga anda cukup berjalan kaki menuju perempatan kantor pos, dan menuju ke arah barat ( RS. PKU Muhammadiyah ). Stelah pertigaan Rumah Sakit, masih ke barat kurang lebih 200m nanti kanan jalan ada spanduk Oseng - Oseng Mercon Bu Narti.

6. Resto Bale Raos
Bale Raos merupakan restoran para bangsawan keraton jaman dahulu. Disini anda dapat menemukan masakan kesukaan dari raja - raja keraton Ngayogyokarto. Mulai dari Hamengkubuwono XIII hingga sekarang, restoran ini memiliki menu favorit dari setiap

7. Oseng - Oseng Mercon
Nahh.. makanan ini menjadi incaran bagi pencinta makanan pedas. Saking pedasnya, anda serasa makan mercon di dalam mulut. Oseng - oseng Mercon yang terkenal di Yogyakarta adalah Oseng - Oseng Mercon Bu Hadi. Bertepat di Jl. Nyi Ahmad Dahlan Yogyakarta, sebelah Barat RS PKU Muhammadiyah atau 300m dari perempatan Kantor Pos Besar. Menu di Warung Makan ini adalah Oseng - Oseng Mercon, Ayam Bakar/Goreng, dll.

8. Sego Pecel ( SGPC ) Bu Wir
Mau sarapan pagi selain gudeg?? SGPC jawabanya. Sego Pecel ( disingkat SGPC ) menjadi laternatif yang dapat anda nikamti saat berada di Jogja. Sego Pecel yang terkenal dari  Madiun, kini dapat nikmati di Warung SGPC Bu Wir atau Bulaksumur.  Lokasinya tepat di sebrang Fakultas Peternakan UGM atau Selokan Mataram.

Sego Pecel ini berisi sayur - sayuran dengan diberi bumbu kacang yang manis dan pedes. Dengan Menu lauk yang tersedia:  tahu tempe, telur ceplok (mata sapi), sate telur, bakwan dll. SGPC Bu Wir memiliki suasana Tempoe Doeloe, sambil mendengarkan grup musik yang menyanyikan tembang nostalgia anda dapat merasakan sensasi wisata kuliner di Jogja.

9. Sate Klatak
Sate Klatak merupakan sate kambing yang diracik secara khusus, sehingga memiliki keunikan tersendiri. Sate kalatak ini terdapat di Pasar Jejeran Bantul atau sekitar 1 KM ke selatan dari Terminal Giwangan.

Kelembutan daging kambing dan racikan bumbu sate yang khas, membuat anda dapat menikmati sate khas bantul ini. Ditambah porsi 1 tusuk sate, sangatlah besar. Sehingga dengan 3 - 5 tusuk sate yang disajikan, dapat membuat perut anda penuh.

10. Brongkos
Sayur brongkos menjadi salah satu warisan masakan leluhur yang masih terjaga dan menjadi salah satu jenis kuliner yang sangat familiar. Namun, bagaimana rasanya menikmati brongkos yang konon menjadi menu favorit raja keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Makanan yang terbuat dari tahu dan kacang tolo dengan perpaduan kuah santan kental dan kaldu daging segar.

Brongkos yang terkenal di Jogja salah satunya adalah: Brongkos Bu Padmi yang terletak di bawah Jembatan Krasak Tempel Sleman. Bahkan Pak Bondan pernah berkunjung ke Warung Makan Bu Padmi ini untuk menikmati sensasi Brongkosnya. 

Selain Bu Padmi, Nasi Brongkos yang terkenal ada di dekat Alun - Alun Selatan Namanya RM. Handayani. Ciri khas brongkos buatan RM Handayani ini, tidak memakai kulit melinjo seperti brongkos pada umumnya dikarenakan banyak pembeli yang takut terkena asam urat. Selain itu, tidak memakai suwiran daging sapi hanya diambil kaldunya saja sebagai campuran kuah dengan santan. Telur yang digunakan sebagai pelengkap brongkos adalah telur bebek.

Selain 10 Wisata Kuliner di Jogja diatas, anda juga bisa membaca artikel kami untuk Wisata Kuliner di Jogja Pada Malam Hari sebagai bahan referensi Wisata Kuliner di Jogja.



Jika anda ingin menikmati 10 Wisata Kuliner di Jogja anda bisa menggunakan Jasa Sewa Mobil Jogja atau Sewa Motor Jogja bersama TRANSMOJO. Anda tinggal kontak Call centre kami, maka anda siap untuk menjelajah Wisata Kuliner Khas Jogja.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Wisata Kuliner di Jogja yang Unik dan Terkenal
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2011/04/10-wisata-kuliner-di-jogja-yang-unik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

43 komentar:

API Airline mengatakan...

semuanya terlihat enak,..
mantep banget dahh..
jadi kepingin makan juga nih

rudy17 mengatakan...

Sekedar nambahin nih, info lengkap mengenai kuliner jogja bisa dilihat di jogjatrip.com

butterfly mengatakan...

Halo Admin http://transmojo.blogspot.com,

Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://transmojo.blogspot.com,
Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
Dan kami akan menampilkan link http://transmojo.blogspot.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kuliner/icip-icip, sesuai dengan Travel & Kuliner. Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

Terima kasih atas kerjasamanya :)smile
Salam,

-- Humas Vemale.com
Ari Rahmawati

TRANSMOJO mengatakan...

Ari Rahmawati :
Terima kasih bu, atas kepercayaan vemale.com kepada TRANSMOJO. Dengan ini kami sangat tertarik dengan penawaran tersebut. Untuk itu, segera kami kirimkan ke email yang terlampir.

hari mengatakan...

terimakasih info nya bang

kraton jogaja

empingmelinjo mengatakan...

MAKANAN KHAS JOGJA EMPING MELINJO 5S3

Emping 5 rasa Produk Kami:
1. emping pedas asin
2. emping rasa udang
2. emping rasa pedas
3. emping rasa manis
4. emping rasa pedas manis
5. emping rasa gurih asin

BAHAN MURNI 100% MELINJO ASLI TANPA BAHAN CAMPURAN pembuatannya pun masih tradisional.

Contact Emping Melinjo 5S3
Telp:
02747430270
085755081222
087843123244

Pin BB:
2A05805B

Ym:
amir_munajad@yahoo.com

Email/ Fb:
amir_munajad@yahoo.com

Alamat:
Somorai, Margoagung, Seyegan, Sleman, Yogyakarta

Untuk info lengkapnya silahkan kunjungi Website resmi kami
Klik: http://www.empingmelinjo5s3.com/









Anonim mengatakan...

Gudeg permata payah sering ke sana dan sering tutup. Nggak jelas jadwal tutupnya. mestinya umat kuliner di kasih tahu. Supaya nggak selalu kecele. udah datang jauh jauh eh....kosong

the royal cookies jember mengatakan...

alhamdulilah sudah pernah nyoba semuanya...
jogyes pokok e

Unknown mengatakan...

9. Sate Klatak
Sate Klatak merupakan sate ayam yang diracik secara khusus, sehingga memiliki keunikan tersendiri. Sate kalatak ini terdapat di Pasar Jejeran Bantul atau sekitar 1 KM ke selatan dari Terminal Giwangan.

Kelembutan daging ayam dan racikan bumbu sate yang khas, membuat anda dapat menikmati sate khas bantul ini. Ditambah porsi 1 tusuk sate, sangatlah besar. Sehingga dengan 3 - 5 tusuk sate yang disajikan, dapat membuat perut anda penuh.

udah pernah makan sate klatak belum to??

Lili mengatakan...

Wah jadi kangen sama Gudeg Jogja, Kapan ya bisa ke Jogja lagi....

Bromo Travelling mengatakan...

artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

Padi City Resort mengatakan...

Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

Obyek Wisata mengatakan...

wisatanya bagus sekali..indah lagi bikin saya jadi pengen kesana?
terima kasih ya gan atas postingannya, salam kenal ya.

wong jogja mengatakan...

gudeg permata bukanya jam 9 malam, kl kesana sblm jm 9 malam sudah tentu blm buka gan..menurut saya gudeg permata harga dan rasanya lbh masuk akal drpd gudeg yu djum..tp tergantung selera..monggo dicoba

dealer honda jogjakarta mengatakan...

NUMPANG PROMOSI

OMAH BAKMI JOGJAKARTA

*OMAH BAKMI*
JOGJAKARTA
“dimasak dengan ARANG CITA RASA TRADISIONAL”

SPESIAL MENU :

· BAKMI GORENG
· BAKMI GODHOG
· NASI GORENG
· NASI GODHOG
· MAGELANGAN
· KWETIAU
· CAPCAY

Lokasi : Jalan Raya GODEAN KM 4,5 utara jalan ( samping BRI SYARIAH)

Recommended menu : BAKMI GODHOG + minuman TEH + krupuk RAMBAK

Anonim mengatakan...

O iyaaa…Di Jogja Aku pernah nyobain Bebek Yang unik banget, Namanya aja unik..BEBEK SALTO, dulu aku nyobain di Jl. Tamsis Nomer berapa aku lupa, Katanya di Monjali juga ada cuman yang di monjali ini aku belum pernah nyobain. Tapi aku rasa sama yah. Bebek Salto ini menunya yang menarik Bebek Kremesnya. Jadi Bebeknya itu digulung kremes yang renyah gitu. Beda dengan yang lain2 bisanya kalo yang biasa kremesnya di taburin gitu. Tapi ini digulung lucu banget gitu. Renyah banget kremesannya. Bebeknya sama sekali tidak bau apeg khas bebek, tapi justru wangi rempah2 gitu…Istimewa pokoknya. Aku pernah nyobain yang di semarang juga spesial banget. Kalo orang biasanya berburu Bebek H.Slamet menurut aku sih Bebek Slamet hanya di asiinnya doang. Dan menunya ituuuu itu aja jadi ndak ada variasinya. Masukan aja sih…barangkali bisa jadi alternatif kuliner di Kota Jogja sebagai surganya kuliner. Coba buka aja fanpagenya di http://www.facebook.com/BebekSalto, menu2nya banyak terpampang disitu. Kemasannya juga lucu2…malah jadi promosi usaha orang..hehehehehe…Cobain aja dah pokoknya enak. Aku pernah Add Pin BBnya yang terpampang di box makannya, sok sok kenal gitu…hahahahaha…iseng2 nanya buka franchisenya berapa..ternyata ndak mahal juga. Cuman 20 Juta…Lumayanlah buat usaha sampingan Mahasiswa kayaknya ndak terlalu berat…!!
Webnya http://www.bebeksalto.com entah masih apa ndak yah…

Anonim mengatakan...

Aaaaah...Jadi Pengeeeeeen...!! Malah Keinget Waktu Makan Di Bebek Salto Jogjakarta Waktu Jalan2 Ke Jogja, Trus Di Semarang Juga.....Ngantri pake Ambil Nomor Segala....Buseeet...Ngalah2in Tes CPNS aja..hehehehe. Bebek Salto Rasanya Enak Juga Sih...Ndak Kalah dengan Bebek Kaleyo, Bebek Slamet, bebek Ndut, Juga Bebek2 Lain....Sensasional Dah. Fanpagenya juga bikin ngiler tuh menu2nya..hehehehehe. http://www.facebook.com/BebekSalto kalo ndak keliru...heheheheeh.

Bergas Saras mengatakan...

Jogja adalah gudang makanan enak dan murah, semuanya mempunyai citarasa dan kekhasan masing-masing, jadi rugi kalau ke jogja tidak berwisata kuliner.
Saat ini ada satu kedai makan "Iwak Ngebul", spesial ikan asap, telah hadir di Jogja.
Ada hal yang Sensaional dari kedai Iwak Ngebul, yaitu Sate Ikan Pari (satu-satunya di Indonesia mas bro)
Menu hasil racikan khas Iwak Ngebul. Biasanya kita hanya mendengar dan makan sate Kambing, sate ayam, kelinci, kuda. Tetapi saya yakin Sate Ikan pari belum pernah makan......
Selain sate, ada yang Istimewa lagi, yaitu Kepala Ikan Manyung, masak pedas. Ikan Manyung adalah Lele laut, yang rasanya sangat gurih dan Istimewa.
dan masih ada menu menu lain yang Sensasional, semuanya serba Asap, pertama di Jogja!!!!

Info: SMS/WhatsApp/HP 0859 211 58577
alamat kami:
Kedai I
Jl. Nogorojo no. 9A, Gowok Jogja
Selatan Amplaz

Kedai II
Ruko Jmbon
jl. Jambon barat sekolah Kalam Kudus

ini beberapa link iwak ngebul:
http://forum.jalan2.com/topic/6378-kuliner-iwak-ngebul-jogja/
http://www.ceritakota.com/detail.php?id=275563006727950336

Anonim mengatakan...

PT Medialink International bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Prov DIY kembali menyelenggarakan PESONA PANGAN NUSANTARA ke 8 mulai 30 Nov - 04 Des 2013 di JEC (Jogja Expo Center) Hall A.
PPN ke-8 in collaboration with :
* Gadget Show & Sale
* Extreme Adventure Expo
* CSR BPD Expo se-Indonesia
Info Stand :
0274-372982,7104232
087821226029 (Tri)
087839609653 (merlin)
e-mail: medialink_int@yahoo.com

Unknown mengatakan...

baru tahu kalau sate klathak tuh dari daging ayam.
Selama ini saya klo beli cuma dari daging kambing

Anonim mengatakan...

Pernah ngrasain gudeg ceker..top bgt..klo g salah daerah seturan..pokoknya daerah blkg amplas situ..skrg msh ada gak ya?

Dony Wicaksono mengatakan...

perlu dicoba satu persatu.. makasih gan infonya..

Unknown mengatakan...

Ijin share.Bagi penggemar soto di jogja silahkan mencoba soto sapi "Joss" yang beralamat di gg.anugerah,jl.candi gebang,selatan perum jambu sari,condong catur.Soto daging sapi berkwalitas no.1 dengan kuah bening yang lezat apalagi ditambah lauk mendoan,tahu atau tempe bacem,krupuk dan peyek tempe.Nah yang bagi penasaran ditunggu kedatangannya

Unknown mengatakan...

Ijin share.Bagi penggemar soto di jogja silahkan mencoba soto sapi "Joss" yang beralamat di gg.anugerah,jl.candi gebang,selatan perum jambu sari,condong catur.Soto daging sapi berkwalitas no.1 dengan kuah bening yang lezat apalagi ditambah lauk mendoan,tahu atau tempe bacem,krupuk dan peyek tempe.Nah yang bagi penasaran ditunggu kedatangannya

Unknown mengatakan...

wah jadi ni????
kunjungi juga situs http://kulinerriau.info/

Abdullohaja mengatakan...

Jogja is the best deh!,,,,,

Rendy mengatakan...

Kuliner jogja memang lezat dan nikmat,membuat kita ketagihan akan masakan khas jogja ini.

jangan lupa mampir kesini Berita terupdate dan terpercaya iyaa.com

gusta mengatakan...

mungkin admin belum pernah nyoba sop iganya 'Sop Nok Sri' yg berada di jl.salak-turi km.1,wadas,tridadi,sleman..serius enak..udah tempatnya yg tenang di pedesaan, kuah sop iga / daging 'Sop Nok Sri' beda sama yang lainnya..RECOMMENDED deh pokoknya..

Jalan Sambil Jajan mengatakan...

Oseng-oseng mercon itu dimananya titik nol jogja ya? Katanya dekat situ. Cuma belum nemu lokasinya.

Iyagus Ugy mengatakan...

sekali kali gan, main kesini PBK RESTO, http://pbkresto.blogspot.com/

ifa nurfazriyah mengatakan...

wah.. minggu depan aku ke jogja... rekomendasi makan yang enak dimana ya??

id card murah mengatakan...

terimakasih informasinya

Anonim mengatakan...

aaah jogya, kami yang sudah sepuh aja kalau wisata sama anak cucu, kadang harus rame dulu waktu menentukan pilihan antara jogja apa bandung,semarang solo eeee kok bolak balik jogja lagi, memang ora mbosenakake.monggo dicobi

GARUDA INDONESIA PROMO mengatakan...

Wow,,, enyakkk nyuss.. thx infonya :)

Rental Motor Jogja mengatakan...

Mantaabbss gan infonya..!!!!

Unknown mengatakan...

Warung mbah lurah besi ikan tuna asab sambel dabu dabunya enak

Cupuwatu resto tempat kuliner khas jogja mengatakan...

Top tenan postinganne. komplit. restoran di yogyakarta maknyuss.

Susu Kambing NEWGOAT mengatakan...

Mesti coba nih klo k jogja :)
Thanks gan buat artikelnya :)

hanung mengatakan...

Perlu dicoba juga di warung mi lethek bantul mbah mendes cabang meguwoharjo, depok, sleman. Tepatnya di jl ringroad utara (kulon LotteMart).

website : mielethek.blogspot.com

hanung mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...

Siiip joos pengen segera meluncur

wisata kuliner Jogja mengatakan...

emang gk ada habisnya klo wisata kuliner di Jogja, banyak bingit..

Unknown mengatakan...

Maaf mau memberi TAMBAHAN INFORMASI KULINER YOGYAKARTA ...mau cari makan enak , dengan harga terjangkau..datang aja ke MOMO RESTO (halal chinese food family restaurant)..mumpung ada Promo discount 20 % tanpa syarat dan tanpa ketentuan apapun dan GRATIS menu gurame masak apa aja sampai 31 maret 2015 hanya di MOMO RESTO (chinese food restaurant-halal) ....good food..good feelings hanya di MOMO RESTO jln wonosari km 1 no 3 Yogyakarta, telpon: 0274 -381886 ,buka 10.00-22.00 WIB sebelah kanan pln gedong kuning,parkir luas, wifi. terima kasih

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.