Info Wisata Candi Borobudur

Posted by Unknown Selasa, 23 Maret 2010 1 komentar
Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari Yogyakarta. Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa.

Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama. Di setiap stupa terdapat patung Buddha. Sepuluh tingkat menggambarkan filsafat Buddha yaitu sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha di nirwana. Kesempurnaan ini dilambangkan oleh stupa utama di tingkat paling atas. Struktur Borobudur bila dilihat dari atas membentuk struktur mandala yang menggambarkan kosmologi Buddha dan cara berpikir manusia.

Cara Memasuki dan membaca relief Borobudur
Masuk Candi melalui pintu timur lalu kelilingi searah jarum jam sebanyak 3 kali, dengan menempatkan candi di sisi bahu kanan kita. Tradisi Buddhis ini disebut Pradaksina yang menandakan kehormatan terhadap Candi. Tiga putaran bisa dilakukan di setiap tingkatan atau di dasar candi.

Pintu timur merupakan tempat kita pertama kali masuk ke candi borobudur, jika kita naik tangga masuk dan langsung memasuki tangga candi. Untuk membaca reilef yang ada Candi Borobudur, kita bisa menemuinya di tingkat 4. Setelah kita naik tangga ke-4, kita bisa berputar ke arah kiri untuk membaca cerita relief Candi Borobudur.

Meseum Kapal Samudraraksa
Di Candi Borobudur ini juga terdapat museum Kapal Samudraraksa, replika kapal ini merupakan penguhubung Indonesia dengan Afrika pada era awal milenium, dengan kisah rute perjalanan para pelaut nusantarayang berdagang kayu manis hingga benua Afrika. Replika ini adalah hasil mimpi Philip Beale, pensiunan perwira angkaan laut Inggris setelah beliau melihat panel - panel relief yang menggambarkan kapal - kapal niaga di candi borobudur pada Tahun 1982.

Museum Karmawibangga
Selain museum kapal Samudraraksa, di Candi Borobudur juga memiliki museum Karmawibangga. Di museum ini terdapat panel relief Karmawibangga yang telah tersembunyi di kaki Borobudur dan terdapat juga patung terkenal Unfinished Buddha berikut 10.000 batu yang belum dapat terpasang kembali di Candi Borobudur.



Untuk menyaksikan keindahan Candi Borobudur, anda dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan layanan Wisata Transmojo. Cukup dengan menggunakan layanan wisata selama 8 jam, anda dapat melihat keindahan borobudur serta menikmati keindahan puncak Gunung Merapi di kawasan Wisata Kaliurang.


Sewa Mobil Jogja:
Tgl 31 Des - 1 Jan Tersedia Stock Tambahan
All New Avanza 3 unit. Harga : Rp 500.000 /hari.
Sdah termasuk Driver dan BBM.
Hub: 0818277129

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Info Wisata Candi Borobudur
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2010/03/info-wisata-candi-borobudur.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

tiket pesawat mengatakan...

boleh nih jadi tujuan berlibur akhir pekan ini,
cz dah lama gak mampir disini

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.