Pertunjukan Wayang Kulit Jogja

Posted by Yanuar Gajaksahda Rabu, 06 Maret 2013 1 komentar
Wisata Jogja. Bagi anda yang ingin berwisata ke Jogja dan ingin mencari sesuatu khas Jogja, sebaiknya anda mengunjungi pertunjukkan wayang kulit. Pertunjukkan wayang kulit di Jogja masih sangat dilestarikan, dan biasanya dilaksanakan pada malam hari. 

Wayang kulit merupakan peninggalan budaya jawa 5 abad yang merupakan hiburan orang jawa pada jaman dahulu. Mungkin kalau hiburan sekarang adalah Sinetron yang melalui media televisi. Pertunjukan wayang kulit juga biasanya diiringi musik gamelan ( kesenian musik tradisional khas jawa ).

Tempat pertunjukan wayang kulit juga tidak sembarang tempat, karena hanya beberapa tempat saja yang menyelenggarakan pertunjukan wayang kulit ini. Tempat tersebut antara lain : Sasono Hinggil Alun - Alun Utara, Bangsal Sri Manganti Keraton, Museum Sonobudoyo Alun - Alun Utara, Museum Wayang Jl Wonosari.

Cerita wayang kulit bersumber pada beberapa kitab tua misalnya Ramayana, Mahabharata, Pustaka Raja Purwa dan Purwakanda.

Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir.


Setiap pertunjukan wayang kulit menghadirkan kisah atau lakon yang berbeda. Ragam kisah terbagi menjadi 4 kategori yaitu lakon pakem, lakon carangan, lakon gubahan dan lakon karangan. Lakon pakem memiliki cerita yang seluruhnya bersumber pada perpustakaan wayang. Sedangkan pada lakon carangan hanya garis besarnya saja yang bersumber pada perpustakaan wayang. Lakon gubahan tidak bersumber pada cerita pewayangan tetapi memakai tempat-tempat yang sesuai pada perpustakaan wayang, sedangkan lakon karangan sepenuhnya bersifat lepas.

Jadwal Pertunjukan Wayang Kulit di Jogja

1. Museum Sonobudoyo Alun - Alun Utara
Main setiap hari Pkl. 20.00 - 22.00
Harga Tiket : Mancanegara = Rp 20.000, Domestik = Rp 10.000

2. Bangsal Keraton
Main setiap Hari Sabtu Pkl 10.00 - Pkl 12.00 
Harga Tiket Rp 5.000

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pertunjukan Wayang Kulit Jogja
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2013/03/pertunjukan-wayang-kulit-jogja.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

free powerpoint template mengatakan...

terima kasih informasinya,

selama dijogja malah belum pernah liat pertunjukan wayang,

sebanyak mungkin harus dijadwalkan nonton ini.

Poskan Komentar

Paket Wisata Alam Jogja

Paket Wisata Alam Jogja
Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.