Wisata Kuliner di Angkringan Tugu Yogya

Posted by Yanuar Gajaksahda Kamis, 28 Oktober 2010 0 komentar
Angkringan Tugu Yogyakarta adalah salah satu wisata kuliner dan tempat yang khas Jogja yang wajib anda kunjungi ketika berwisata di Yogya. Sesuai dengan namanya, Angkringan Tugu memang diambil dari nama stasiun kereta api terbesar di Yogyakarta, yakni Stasiun Tugu. Persis di sebelah utara stasiun kereta api bersejarah itulah Angkringan Tugu berada. Di sana, terdapat area yang nyaman untuk makan beramai-ramai bersama kawan-kawan, atau hanya sekadar berbincang ringan sembari menyeruput secangkir kopi tubruk bercita-rasa khas kopi joss. 


Selain nuansa asli Jogja, Anda akan menemukan banyak keistimewaan yang ada di kawasan Angkringan Tugu. Setiap malam, angkringan ini sangat ramai karena kebetulan juga berlokasi sangat dekat dengan kawasan Malioboro dan terletak di satu garis lurus dengan Tugu Jogja, berjarak sekitar 300 meter. Maka tidak heran apabila Angkringan Tugu menjadi salah satu rujukan utama bagi orang asli Jogja, pendatang, maupun para pelancong. Bahkan, ada yang bilang bahwa Angkringan Tugu adalah legenda kehidupan masyarakat urban di Yogyakarta.

Begitu sampai di angkringan yang buka pukul 18.00 ini, anda bisa memesan bermacam minuman yang ditawarkan, panas maupun dingin. Pilihan minuman favorit adalah Kopi Joss, kopi yang disajikan panas dengan diberi arang. Kelebihan kopi itu adalah kadar kafeinnya yang rendah karena dinetralisir oleh arang. Tak usah khawatir itu hanya mitos, sebab Kopi Joss lahir dari penelitian mahasiwa Universitas Gadjah Mada yang kebetulan sering nongkrong di Angkringan Lik Man. 

Angkringan Tugu buka dari sore hingga menjelang subuh. Karena konsep angkringan yang dari awal adalah warung kudapan ringan, berbagai makanan yang ditawarkan warung ini umumnya berkategori makanan ringan seperti berbagai gorengan, aneka baceman, dan tentu saja sego kucing yang terkenal itu. Minuman yang disediakan pun merupakan cita rasa umum Indonesia, seperti teh, kopi, wedhang jahe, jeruk hangat, atau susu.

Berbagai makanan juga disediakan, ada sego kucing berlauk oseng tempe dan sambal teri hingga gorengan dan jadah (makanan dari ketan yang dipadatkan berasa gurih) bakar. Sego kucing di Angkringan Lik Man yang harganya Rp 1.000,00 tak kalah lezat dengan masakan lainnya sebab nasinya pulen dan oseng tempe dan sambal terinya berbumbu pas. Menikmati sego kucing yang selalu disajikan dalam keadaan hangat dengan lauk gorengan atau sate telur selain lezat juga tak menguras uang. Selain itu juga ada makanan ringan lainnya, seperti:  Sate Usus, Sate kerang / keong, Sate Telur Puyuh, dll. Sedangkan untuk minumannya tersedia  teh, kopi, wedhang jahe, jeruk hangat, atau susu.

Sejumlah tokoh terpandang telah menjadikan Angkringan Lik Man sebagai tempat menikmati malam. Ada Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Emha ainun Nadjib, Bondan Nusantara hingga Marwoto. Maka, tak seharusnya anda melewatkan suasana malam kota Yogyakarta tanpa berkunjung ke Angkringan Lik Man. Nikmatilah nuansa yang pernah dinikmati oleh banyak orang Yogyakarta dan sejumlah tokoh yang disebut di atas.

Inilah salah satu kelebihan Jogja, termasuk di Angkringan Tugu: murah. Ya, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam karena semua jenis makanan dan minuman yang dijajakan di Angkringan Tugu tergolong murah meriah. Segelas kopi atau secangkir teh dan jenis minuman lainnya hanya dibanderol dengan tarif Rp 1.00 - Rp10.000 tergantung jenis minuman yang Anda pesan. Untuk Harga Makanan pun juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 500 ( Gorengan ) hingga Rp 2.500/bh.

Anda bisa memilih tempat duduk di dua tempat yang disediakan. Jika ingin berbincang dengan pedagang, anda bisa duduk di dekat bakul atau anglo. Selain dapat bercerita dengan Lik Man, duduk di dekat bakul akan mempermudah jika ingin tambah makanan. Tetapi bila ingin lebih berakraban dengan teman, anda bisa duduk di tikar yang digelar memanjang di trotoar seberang jalan. Tak perlu khawatir ruang yang tidak cukup sebab panjang trotoar yang digelari tikar hampir 100 meter.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Wisata Kuliner di Angkringan Tugu Yogya
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2010/10/bersantai-di-angkringan-tugu-yogya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.