Bakmi Mbah Mo, keunikan lokasi dan citra rasa yang hebat.

Posted by Unknown Sabtu, 23 Oktober 2010 0 komentar
Banyak hal yang unik dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan di Yogyakarta. Wisata kuliner Bakmi Jawa, mungkin sudah banyak yang tahu, seperti Bakmi Kadin, Bakmi Shibitsu, Bakmi Pak Pur, Bakmi Doring, dll. Tapi apakah anda tahu Bakmi Jawa Mbah Mo?? yang lokasinya jauh dari keramaian lalu lintas.

Bakmi mBah Mo adalah sebuah warung bakmi jawa biasa yang berdiri disebuah ujung jalan buntu di perkampungan bernama Code, Bantul sekitar 15 kilometer dari kota Jogjakarta ke arah selatan, memakan waktu perjalanan sekitar 30 menit (bagi yang sudah tahu jalan) hingga 1-2 jam bagi yang belum pernah kesana, karena harus pakai nanya dan nyasar segala.



Walaupun tempatnya di dusun Code daerah Manding Bantul dan sulit untuk dijangkau, tapi siapa sangka,kalo Bakmi Jawa Mbah Mo ini sangat terkenal di kalangan pejabat di Indonesia dan bahkan artis Ibukota. Lokasi bakmi Mbah Mo ini sangat jauh dari pusat kota Yogyakarta dan agak susah untuk mencarinya, krg lebih 10KM ke Selatan Jl. Parangtritis dan ini dulunya adalah “bekas kandang sapi”.

Ruang makannya tersebar di halaman rumah mbah mo, ada yang druang depan, halaman dan ad yang esehan. Sedangkan meja kursinya bermacam jenisnya, jumlahnya pun tidaklah banyak, sekitar ada 8 meja yang besar dan kursi panjang. Jika sedang ramai pengunjung, maka anda harus bersiap - siap untuk menunggu hidangan sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Keunggulan Citra Rasa
Sajian bakminya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bakmi pada umumnya, ada dicampur daging ayam dan telur juga. Namun "taste"–nya seperti yang sudah saya gambarkan di atas, pokoknya tidak kalah nikmatnya dibanding dengan bakmi lainnya yang anda kenal.

Bakmi Jawa Mbah Mo bukanlah tipe bakmi yang 'njemek'. Tekstur bakminya kecil dan kenyal. Namun yang istimewa adalah rasa gurihnya. Campuran telur bebek dan kaldu dari ayam kampung memang memberikan sentuhan citarasa tersendiri. Belum lagi pilihan daging, balungan, atau rempela yang bisa jadi 'lauk'-nya. Yang terakumulasi dalam kata 'huenaaak!'.

Bakmi Mbah Mo menyediakan berbagai macam jenis masakan bakmi. Bakmi Godog (rebus), Bakmi Goreng, Bakmi Istimewa dicampur daging, ayam atau ati rempela. Sedangkan minumannya tersedia minuman hangat, dan tidak menyediakan minuman es kecuali soft drink. Harga rata - rata bakmi per porsinya Rp 10.000 (biasa) dan Rp 16.000 (istimewa). Sangat terjangkau dan terbilang murah untuk kuliner bakmi jawa di Jogja.

Denah Menuju Bakmi Jawa Mbah Mo
Anda menuju Jalan Parangtritis, setelah 15KM perempatan Manding belok ke kanan ( ada gapura besar dengan tulisan "manding sentra kerajinan kulit" ). Setelah itu ada pertigaan, anda bisa berbelok ke kanan, nanti ada jalan menyabang, dan anda ambil yang ke kiri. ( ke kanan menuju pedusunan). 

Setelah itu, anda menemi perempatan, silahkan belok ke kanan (menuju jalan yang gelap, saat kami kesana tgl 23-10-2010). Setelah kurang  lebih 400m, sebelah kanan ada gapura Dusun Code. Masuk gapura itu, dan ikuti penunjuk arah bakmi mbah mo.

Tips Wisata Kuliner  Bakmi Mbah Mo
1. Jika ingin menikmati bakmi ini, sebaiknya datang sebelum jam 6 sore. Jika tidak, anda harus bersiap - siap untuk mengantre lebih lama.
2. Jangan pergi ke lokasi lebih dari jam 9 malam, karena biasanya sudah habis. Daripada kecewa, sedangkan perjalanan anda cukup jauh.
3. Jika anda ragu - ragu tempatnya, sebaiknya anda langsung bertanya kepada masyarakat sekitar, hampir semua mengetahui keberadaan bakmi ini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bakmi Mbah Mo, keunikan lokasi dan citra rasa yang hebat.
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2010/10/bakmi-mbah-mo-keunikan-lokasi-dan-citra.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.