Gunung Merapi sebagai arah utaranya Jogja

Posted by Yanuar Gajaksahda Senin, 03 Mei 2010 0 komentar
" Pak, kalo mau ke Malioboro ke arah mana yah" tanya seorang wisatawan kepada tukang becak.
" Oo... Masnya lurus aja, nanti belok ke utara, terus ada pertigaan ambil ke barat." jawab tukang becak
" Ooo...." balas wisatawan sambil kebingungan dan garuk - garuk  kepala.

Percakapan tadi sangat sering terjadi di Jogja, Tidak hanya wisatawan saja, bahkan masyarakat disini (khususnya pandatang) masih bingung dengan cara penjelasan tanda arah jalan. Utaranya mana, selatannya sebelah mana. Belum lagi jika pemberi informasinya menggunakan bahasa jawa, Lor, Kidul, Wetan, Kulo. Wakkakakak....pasti lebih bingung dan mungkin anda bergumam karena tidak mengerti bahasanya.

Ocreee... singkat kata. Untuk membantu anda yang tidak tahu arah utara, selatan atau barat dan timur di Jogja, sebaiknya kita buat patokan saja. Agar anda bisa sedikit memahami kemana arahnya selanjutnya.


Utara: Patokan/identitas sebelah utaranya Jogja adalah Gunung Merapi. Jadi bila anda berada di Jogja dan bertanya arah, sebaiknya anda mencari gunung merapi aja dl. Gunung Merapi sebagai patokan sebelah utara, setelah itu anda bisa memperkirakan kemana salatan barat atau timur. Searah jarum jam: Utara, Timur, Selatan dan Barat.



















Naahhh... patokan Gunung Merapi sebagai patokan Utara ini paling jelas dan bisa dilihat dari arah Kota. Lebih mudah dan efektif digunakan. Selaian Patokan sebelah Utara, anda juga bisa menggunakan patokan Matahari.

Timur dan Barat : waktunya Matahari Terbit sebelah Timur dan Matahari terbenam sebelah Barat. Namun jika anda berada pada waktu malam hari, anda bisa menggantikannya dengan keberadaan bulan. Jika tidak terlihat juga... Hmmmmm (kami juga sulit untuk menjelaskannya). Hehehehhe...

Sebenarnya konsep tanda arah dengan menggunakan utara atau selatan ini lebih efektif, karena lebih tepat dan bisa dijangkau dari arah manapun. Coba anda bayangkan jika menggunakan kanan atau kiri, tentunya arah kanan dan kiri jika kita datang dari arah tertentu dan belum tentu dari arah yang dimaksud.

Secara umum patokan ini sangat penting bagi anda untuk mengetahui keberadaan tujuan anda, sehingga dengan begini anda bisa lebih mudah untuk mencarinya. Patokan diatas memang tidak 100% berhasil, namun lebih baik anda tahu daripada tidak tahu sama sekali. Betul bukan????
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Gunung Merapi sebagai arah utaranya Jogja
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2010/05/gunung-merapi-menjadi-memiliki-arti.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.