Wisata Kuliner Gudeg Jogja

Posted by Yanuar Gajaksahda Kamis, 25 Juni 2009 0 komentar
Gudeg juga merupakan salah satu makanan khas Jogja yang sudah terkenal hingga mancanegara, bahkan hotel berbintang lima pun sering dapat permintaan makanan gudeg dari wisatawan asingnya. Sehingga mau tak mau, gudeg merupakan menu wajib bagi hotel. Jika anda ingin menikmati, sebaiknya anda perhatikan dulu jenis gudeg apa yang sebaiknya anda pilih. Karena, di Jogja ini terdapat 2 jenis gudeg yang dapat anda nikmati, yaitu : Gudeg Kering dan Gudeg Basah.



GUDEG KERING

Gudeg kering merupakan jenis gudeg yang tidak memiliki kuah atau sayur berair. Sayuran nangka mudanya terlihat lebih coklat agak kehitam - hitaman. Lauk-pauk pendampingnya juga serba kering, sambal goreng krecek (kulit sapi), areh (santan kental) juga kering. Rasa gudegnya memang sedikit manis.
Cincangan nangka mudanya dimasak dengan bumbu plus daun jati sehingga warnanya merah dan kering. Dibandingkan dengan yang versi basah, gudeg kering bisa tahan disimpan hingga 2 hari. Sehingga gudeg kering bisa dibawa sebagai oleh - oleh.

Sentra Gudeg Mbarek
Mbarek merupakan suatu kawasan gudeg di daerah Selokan Jalan Kaliurang. Tepatnya Sebelah Utara Fak. Kehutanan UGM, dan sebelah Timur MM UGM. Didaerah ini terdapat gudeg Yu Narni, Yu Djum, dan Bu H. Ahmad yang sudah terkenal karena citra rasanya. Banyak wisatawan luar kota yang sering mampir beserta rombongannya ke warung makan ini. Jika bertepatan dengan hari libur panjang, maka suasana di warung makan ini sangat ramai dikunjungi pembeli. Daerah gudeg kering disini terkenal karena dahulu pelanggannya berasal dari mahasiswa yang belajar di daerah UGM, sehingga ketika mereka sudah pada kerja di luar kota, maka mereka bisa bernostalgia dengan gudeg langganannya.

Denah Menuju Sentra Gudeg Mbarek :
Dari Tugu Jogja : anda menuju ke timur ( ke arah jalan solo ), sampainya di pertigaan Mc Donald ( lampu merah jembatan Gondolayu) anda belok ke kiri menuju ke arah mirota kampus. Dari perempatan Mirota Kampus anda masih jalan lurus atau menuju ke arah utara lagi ( Jl.Kaliurang ), setelah melewati lampu merah pertigaan kampus UGM ( jika ke kiri menuju R.S Sardjito ), anda akan menemui lampu merah MM UGM atau ada pos polisi bulaksumur sebelah kanan lampu merah, Di Perempatan ini anda belok ke kanan masuk ke jalan selokan mataram. Setelah 100m dari perempatan lampu merah, sebelah kiri jalan ada papan nama Gudeg Bu H. Ahmad, setelah itu Yu Narni dan Yu Djum. Untuk menuju lokasi anda bisa parkir bis / mobil di pinggir selokan atau masuk 10m untuk parker di depan warung gudeg.

Sentra Gudeg Wijilan

Wijilan merupakan sentra gudeg yang paling sering dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Karena kawasan ini merupakan pusatnya gudeg khas jogja dan yang terkenal sejak Tahun 1942. Suasana di daerah ini sangat brebeda dengan kawasan yang ada di daerah Mbarek, karena disini lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Jogja atau daerah Malioboro (5 menit). Selain itu penghuni gudeg wijilan merupakan penjual gudeg yang terkenal sejak dari dahulu, suasana di banyak menawarkan keistimewaan tersendiri, seperti : melihat secara langsung pembuatan gudeg dan bisa juga kita belajar cara membuat gudeg yang diajarkan langsung oleh Ibu Djuwariah (Gudeg Yu Djum).

Warung gudeg disini berdiri berderet-deretan. Anda pasti bingung mau memilih warung gudeg yang mana, namun tidak usah khawatir, karena gudeg didaerah ini hampir semuany memiliki citr rasa yang istimewa. Setiap warung gudeg disini menawarkan keunggulannya masing - masing. Gudeg yang terkenal di daerah wijilan ini antara lain: Gudeg Yu Djum (Ibu Djuwariah), Gudeg Campur Sari dan Gudeg Bu Slamet.

Denah Menuju Sentra Gudeg Wijilan :
Denah : Dari jalan malioboro ke arah selatan menuju alun - alun keraton, setelah perempatan kantor pos anda memasuki wilayah alun - alun keraton dengan adanya gapura. Setelah itu pertigaan alun-alun anda berbelok ke kiri. Setelah melewati gapura keraton, anda langsung berbelok ke arah kanan untuk memasuki seperti terowongan (plengkung) , setelah itu sebelah kiri jalan anda akan menemui banyak rumah makan yang menawarkan masakan gudeg khas Jogja.

GUDEG BASAH NIKMATNYA MAKAN DI TEMPAT

Selain gudeg kering yang ada di daerah wijilan dan Mbarek, gudeg juga bisa dinikmati pada pagi hari atau malam hari. Ini biasanya dinamakan gudeg basah. Kenapa gudeg basah?? karena jenis gudeg ini memiliki kuah atau sayuran berair.

Sentra Gudeg Basah Jl.Solo
Salah satu sentra gudeg basah yang terkenal berada di Jl. Adisucipto atau Jl.Solo, tepatnya di sebelah timur Galleria Mall atau Timur RS. Bethesda. Disini hampir ruas jalan kanan dan kiri dipenuhi dengan penjual gudeg yang ramai dikunjungi masyarakat sekitar jogja ataupun wisatawan. Selain itu juga, anda bisa lanjut menelusuri ke arah timur ( Jl. Solo ), disini akan menemui Gudeg Basah yang terkenal. Letaknya tepat di depan Saphir Square.

Namun mohon diingat jika sentra gudeg Jl. Solo ini baru buka mulai Pkl 21.00 sampe Pkl. 04.00, sehingga bagi anda yang ingin menikmatinya, bisa datang Pkl. 22.00 atau lebih. Karena memang pengunjung disini menikmati setelah lelah berjalan - jalan menelusuri kota Jogja pada malam hari.

Sentra Gudeg Basah Jl. Gejayan
Daerah gejayan merupakan sentra Handphone di Jogja pada pagi hingga malam hari. Hampir setiap jalan merupakan toko handphone. Namun jika toko - tokok tersebut tutup, maka daerah ini juga merupakan sentra gudeg basah yang sering dikunjungi masyarakat dan mahasiswa di Jogja. Gudeg gejayan yang terkenal adalah Gudeg Mbak Shasha. Letaknya tepat di Mirota Swalayan Gejayan atau sebelum memasauki Jl. Selokan Mataram UGM. Buka mulai Pkl. 21.00 hingga Pkl. 01.00.

Sentra Gudeg Basah Malioboro
Gudeg daerah Malioboro biasanya beroperasi pada malam hari, dan biasanya menempati toko - toko sepanjang Jalan Malioboro. Daerah ini dahulu terkesan mahal untuk jenis masakannya, namun kini penjual sudah mulai mengerti bagaimana menghilangkan kesan mahal tersebut. Untuk dari segi harga, memang agak mahal dari sentra gudeg lainnya, namun mahal disini masih dalam batas wajar pembeli, sehingga pembeli tidak merasa di tipu. 1 porsi gudeg komplit ditawarkan dengan harga Rp 10.000 s/d Rp 15.000.
Suasana di sentra gudeg malioboro ini pun sangat nyaman, karena selain dekat dengan daerah wisata jogja dan hotel - hotel, suasana ini tumbuh dengan suasana lesehan yang khas.

Selain sentra gudeg basah yang diatas, gudeg basah bisa anda nikmati di hampir setiap sudut kota Jogja. Aneka masakannya pun beragam dengan laukm pauknya. Untuk pagi hari, biasanya gudeg basah sudah mulai buka Pkl. 06.00 hingga Pkl. 09.00 namun untuk malam harinya, baru buka Pkl. 21.00 hingga Pkl. 04.00.

Dengan adanya informasi ini anda dapat menikmati khasanah kuliner khas Jogjakarta dengan tepat dan nyaman. Jika anda yang berada di hotel yang berjauhan dengan lokasi sentra gudeg, anda bisa menggunakan layanan TRANSMOJO. Dengan sistem pengantaran penumpang, anda bisa menikmati gudeg dengan biaya Rp 10.000/sekali antar dan Rp 20.000 pengantaran bolak - balik ( dari Hotel ke sentra dan kembali ke Hotel ).
Cukup mudah dan murah bukan??

Naahh.. jika anda berada di Jogja, jangn lupa untuk mencicipi nikmatnya wisata dengan Transmojo, cukup menghubungi 0818 277 129, anda bisa mendapatkan layanan kami.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Wisata Kuliner Gudeg Jogja
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2009/06/wisata-kuliner-gudeg-jogja.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.