Puncak Kaliurang Jogja Menawarkan Pesona Alam yang Indah

Posted by Yanuar Gajaksahda Kamis, 25 Juni 2009 1 komentar
Selain Wisata di Pantai, Jogjakarta memiliki wisata alam yang bernuansa pegunungan. Dengan menikmati suasana kaki gunung merapi, anda dapat merasakan kesejukan alam dan mata akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah di daerah ini. Kaliurang merupakan sebuah daerah di Utara Yogyakarta yang menjadi salah satu alternatif bagi anda yang sedang menikmati wisata di Jogja. Di daerah Kaliurang ini anda dapat menikmati pemandangan gunung merapi yang terlihat sangat jelas, selain itu juga anda dapat menikmati pemandangan kota Jogja, atau anda juga dapat menikmati hutan dan air terjun yang segar.


Mungkin inilah salah satu kelebihan yang dimiliki Yogyakarta sebagai kota wisata, karena memiliki suasana pantai dan pegunungan yang tidak terlalu jauh jaraknya. Dari Kota Jogja, anda dapat mencapai daerah Kaliurang dalam waktu 30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi dan 45 menit jika menggunakan kendaraan umum (bis atau mobil colt)

Fasilitas dan Hiburan di Kaliurang
1. Taman Bermain Anak – Anak
2. Arena Hiburan Telaga Putri
3. Menara Pandang
4. Hotel dan Penginapan
5. Kereta Kelinci

Jadah Tempe makanan khas di Kaliurang
Jika anda telah berwisata ke daerah kaliurang ini, maka jangan lupakan sesuatu yang khas yang tidak anda dapatkan di tempat lainnya. Oleh – oleh tersebut antara lain Jadah Tempe. Jadah merupakan jenis makanan yang terbuat dari tepung beras ditambah santan, jadah ini berwarna putih dengan rasa gurih. Sedangkan tempe disini adalah tempe bacem yang memiliki rasa manis yang kuat dan berwarna coklat kehitam – hitaman.

Perpaduan rasa manis yang kuat dari tempe bacem dengan jadah yang terasa gurih, memiliki rasa sensasi tersendiri di lidah kita. Oleh – oleh jadah tempe ini merupakan makanan khas dari kaliurang Yogyakarta yang dari dulu hingga sekarang merupakan makanan oleh – oleh bagi masyarakat Yogyakarta.

Jadah Tempe yang terkenal adalah Mbah Carik. Carik bahasa Indonesianya adalah Sekretaris Desa. Mbah… merupakan masyarakat di daerah tersebut yang pertama kali memperkenalkan makanan jadah tempe bacem. Saat ini jadah tempe Mbah Carik dikelola oleh generasi kedua. Jika anda berminat, anda dapat mampir ke warungnya di simpang lima Kaliurang.

Atau jika anda menuju kearah pulang ke Kota Jogja, sebelum menuju gapura wisata kaliurang anda menjumpai simpang lima yang terdapat patung. Warung Mbah Carik terletak di sebelah Timur agak ke Selatan, atau jalan menuju arah pulang, warungnya terletak di sebelah kanan jalan. Selain itu juga, warung jadah tempe Mbah Carik dapat anda temui di Jl. Kaliurang KM 12, tepatnya setelah Mirota Batik Jl. Kaliurang atau sebelum Univ. Islam Indonesia (UII) sebelah kiri jalan.

Wisata Lahar Gunung Merapi dan Kali Kuning
Masih di kaliurang, kini anda dapat menjumpai kejadian alam yang jarang sekali anda temukan. Lahar gunung Merapi yang dimuntahkan beberapa tahun kemarin, menjadi pemandangan yang jarang anda temui saat anda berkunjung ke daerah Bebeng. Lahar disini tentu saja sudah berupa pasir dan batu yang menggunung, dan disini anda dapat melihat jalur lahar hasil lelehan gunung Merapi yang terbentuk akibat muntahan lahar panas secara terus menerus. Selain itu juga anda dapat menikmati pemandangan gunung Merapi dengan lebih jelas.

Kawasan wisata Kali Kuning menawarkan wisata hutan pinus dan sungai yang jernih. Sungai ini merupakan sumber mata air yang mengaliri hingga kota Jogja, sehingga kejernihan dari sungai ini dapat anda rasakan ketika anda membasuh muka bahkan mandi di sungai ini. Untuk menuju sungai kali kuning, dari tempat parkir kendaraan, anda harus berjalan kaki dan berjalan turun. Namun anda juga bisa menikmati pemandangan tersebut dari atas.

Untuk bisa menuju ke daerah Bebeng dan Kali Kuning ini, anda bisa menempuh jalur yang sama dengan daerah wisata kaliurang, atau menempuh jalur yang berbeda. Jika menempuh jalur yang sama, maka setelah anda keluar dari gapura selamat datang wisata Kaliurang, sebelum jalan menikung pertama, sebelah kiri jalan ada gapura masuk dengan tulisan Selamat Datang Wisata Kali Kuning.

Setelah itu anda akan melalui jembatan yang menurun dan menanjak tajam. Pada pertigaan setelah jembatan anda harus berbelok kekanan, hingga anda menemui pertigaan kembali dan berbelok kearah kiri. Ikuti jalan tersebut hingga mencapai tujuan. Eiittss.. jangan lupa untuk membayar retribusi dengan biaya Rp 2.000/orang untuk masuk ke kawasan wisata lahar ini.

Jika anda ingin melalui jalan yang berbeda, berikut rutenya. Setelah anda keluar dai gapura wisata kaliurang, maka anda akan menemui pasar pakem yang terdapat lampu merah, di lampu merah ini anda berbelok ke kiri atau kearah Timur. Ikuti jalan tersebut hingga tempat tujuan. Sangat mudah memang, namun jalan tersebut terlalu jauh jika anda berangkat dari Wisata Kaliurang.

Naahh… Dengan mendapatkan info tersebut semoga anda lebih menikmati wisata di Jogja dengan berbagai pilihan wisata alam. Dan bagi anda yang berwisata seorang diri, jangan khawatir untuk dapat menikmati wisata jogja tersebut. Cukup menggunakan layanan 8 jam dari TRANSMOJO, anda dapat menikmati suasana alam gunung merapi di Kaliurang, Kali Kuning dan Bebeng.

Bahkan waktu yang tersisa dari layanan tersebut dapat anda gunakan untuk menikmati wisata kuliner dan wisata belanja di daerah Jalan Kaliurang. Dengan biaya Rp 80.000 (tidak termasuk biaya masuk wisata Rp 2.000/org) cukup memudahkan anda menikmati wisata alam Kaliurang. Transportasi Motor Jogja (Transmojo) siap melayani anda dalam menikmati wisata di Kota Yogyakarta.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Puncak Kaliurang Jogja Menawarkan Pesona Alam yang Indah
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2009/06/puncak-kaliurang-jogja-menawarkan_16.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.