Gunung Nglanggeran Alternatif Wisata Jogja

Posted by Yanuar Gajaksahda Jumat, 18 Desember 2009 2 komentar
Di balik kesan kering dan gersang yang kini melekat pada wilayah Gunungkidul, kabupaten paling luas di Provinsi DIY ini punya potensi yang menggiurkan terutama sektor pariwisata. Hanya saja, wisata yang nampak kepermukaan masih sebatas kawasan pantai.

Padahal selain wisata pantai, masih banyak sederet kawasan wisata lain yang tidak kalah menariknya. Sebut saja wisata alam, Gunung Nglanggeran yang terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk.


Pada kawasan wisata minat khusus Gunung Nglanggeran ini banyak mempunyai potensi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karena potensi alam Gunung Nglanggeran ini dahulu berasal dari gunung api purba sekitar 60 juta tahun yang lalu.

"Pada tempat tersebut pernah terjadi aktivitas vulkanik. Terbentuknya gunung api purba ini merupakan suatu hal yang unik, potensi ini sangat sulit ditemukan di tempat lain," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Drs Sudodo MM didampingi Kepala Bidang Pengembangan dan Produk Wisata Birowo Adie ST MT.

Potensi alam ini diakui selama ini sudah banyak menarik wisatawan bahkan sudah memberikan berkah bagi masyarakat sekitar. Kelompok karang taruna diakui sudah bisa mengelola kawasan parkir, serta menyediakan alat seperti tali agar dalam melakukan jelajah wisata bisa lebih maksimal. Sebab, jarak dari bawah hingga puncak Gunung Nglanggeran ini sekitar 700 meter, sehingga dalam penjelajahan wisata alam ini terdapat pengalaman yang menakjubkan.

"Mulai berjalan kaki, merayap hingga mencapai puncak gunung. Selain menyenangkan, lokasi dengan adanya jelajah wisata alam ini juga menyehatkan," katanya.

Untuk menuju kawasan wisata alam ini juga tidak terlalu sulit. Kawasan ini terletak di jalan Jogja-Wonosari Km 25. Jalannya juga sudah beraspal mulus, bahkan wisatawan yang menggunakan rombongan dengan bus, juga bisa sampai di bawah bukit Nglanggeran yang indah menakjubkan.

Bahkan selama ini sudah banyak berbagai kelompok masyarakat yang datang untuk menikmati wisata alam ini termasuk para pecinta alam. Dengan adanya koordinasi antara dinas dengan masyarakat, diharapkan pengelolaan potensi alam bisa berjalan secara maksimal.

Hal yang tidak kalah pentingnya mampu menekan kemiskinan. "Sebab sumber daya alam itu mampu dimanfaatkan masyarakat setempat untuk memperoleh keuntungan diantaranya dengan menjual jasa, perdagangan dan yang lain," katanya.


Selain itu wisata Gunung Nglanggeran diharapkan menjadi alternatif terbaik dan mengatasi jika nantinya warga sudah mulai jenuh dengan wisata pantai. (ryo)

Sumber: www.bernas.co.id

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Gunung Nglanggeran Alternatif Wisata Jogja
Ditulis oleh Yanuar Gajaksahda
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://transmojo.blogspot.com/2009/12/gunung-nglanggeran-alternatif-wisata_18.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.