10 Desa Wisata di Jogja yang wajib anda kunjungi

Posted by Unknown Jumat, 18 Juli 2014 7 komentar
Wisata di Jogja bukan hanya mengunjungi obyek wisata di Jogja saja, sebaiknya anda juga berkunjung ke beberapa desa wisata di sekitar Kota Jogja.

Ada banyak desa wisata di Jogja, namun untuk mempermudah kami rangkum dalam 10 desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Sebagai salah satu usaha Rental Mobil di Jogja, kami juga sering mengantar beberapa tamu ke tempat - tempat tersebut. Sehingga kami bisa memberikan referensi desa wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini daftar 10 Desa Wisata di Jogja yang wajib anda kunjungi :


1. DESA WISATA TANJUNG

Desa Wisata ini terlatak 5 km dari Monumen Yogya Kembali ,kearah Utara atau 30 menit dari kota Yogyakarta. Tepatnya di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman.  Hawa sejuk pedesaan terasa sasangat menenangkan ketika memasuki DeWi ( Desa Wisata ) ini. Banyak atraksi yang di suguhkan,  antaranya yaitu,  jathilan, karawitan, bahkan membuat batik juga ada. 

Selain itu ada atraksi yang baru yaitu Ciciblung. Ciciblung adalah permainan nada yang dihasilkan dari permainan di sungai dengan cara menepuk aliran air di sungai. Permainan ini akan sangat menarik bagi anak-anak dan sehingga bisa membantu anak-anak untuk belajar melestarikan permainan tradisional.

2. DESA WISATA PENTINGSARI

Desa wisata yang merupaka laboratorium desa wisata di Asia tenggara ini terletak di Cangkringan. Tepatnya di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman . Desa wisata ini menyajikan suasana pedesaan yang tenang dengan penginapan tradisonal yang dibangun dari kayu yang semakin menambah kesan menyatu dengan alam. 

DI sekitar DeWi ini ada beberapa obyek wisata seperti  Pancuran  Suci Sendangsari,Luweng, Rumah Joglo, Batu Dakon. Bahkan di DeWi ini ada jalur tracking. Kondisi alam di Desa Wisata Pentingsari yang diapait oleh Dua Sungai (Sungai Pawon dan Sungai Kuning ) sangat cocok untuk traking  remaja, anak-anak,dewasa dan orang tua dengan melewati jalur  susur sungai, melewati hamparan sawah, naik turun tebing dengan terowongan yang sangat unik dan indah, melewati ditengah h rindangnya berbagai jenis tanaman kehutanan.

3. DESA WISATA RUMAH DOMES

Desa wisata rumah domes menyuguhkan pemandangan yang unik, yaitu suatu perumahan yang berisi rumah-rumah Dome. Rumah Dome merupakan tempat tinggal yang berbentuk bulat seperti kubah.  Setidaknya terdapat 80 unit Rumah Dome di dalam kompleks ini, di antaranya 71 unit rumah hunian, 6 MCK untuk umum, dan 3 fasilitas umum (musala, aula, dan poliklinik). 

Untuk mengunjungi kompleks Rumah Dome, Anda cukup membayar tiket masuknya sebesar Rp 1.500 per orang. Desa wisata yang seperti rumah teletabies ini menawarkan  atraksi yang cukup menarik seperti  situs kajinan yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh roh raja di tanah jawa, belik wunut yaitu sungai air jernih dengan dua mata air yang memiliki rasa berbeda, dataran tinggi dayakan yang merupakan titik tertinggi untuk melihat pemandangan matahari terbenam di Gunung Merapi di utara dan laut di selatan serta tak lupa dome’s view yang akan membuat anda serasa tinggal di dunia teletubbies.

4. DESA WISATA KARANGTENGAH

Desa Wisata Karang Tengah yang terkenal dengan area hutan jambu mete yang sangat luas ini terletak di Karangtengah, Imogiri, Bantul. Dewa wisata ini juga terkenal dengan pembudidayaan sutra liar dan tanaman indighovera yang merupakan bahan pokok untuk pewarna batik. Desa Wisata Karangtengah berada diketinggian 250 meter diatas permukaan laut, dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan yang indah. 

Atraksi yang ada di dewi ini antaranya Gamelan (Karawitan), Gejog lesung, Jathilan, Seni bergodo keprajuritan, Laras Madyo, Sanggar Seni Laskito Mas.

5. DESA WISATA NGLINGGO

Desa wisata yang terletak di  Dusun Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan hamparan kebun teh nan hijau. Di puncak Nglinggo anda dapat menikmati pemadangan alam dari atas seperti hamparan karpet hijau kebun teh serta pemandangan hutan pinus yang menjulang tinggi. 

Desa wisata ini menyuguhkan atraksi yang tak kalah menarik dengan Dewi-dewi yang lain, seperti jathilan , karawitan , wayang kulit dan angguk menjadi sesuatu yang menarik untuk ditonton dan dipelajari maknanya. Disediakan bagi anda home stay bagi anda yang ingin bertempat tinggal sementara disini bersama keluarga, selain itu makanan khas desa nglinggo akan menjadi menu utama santa pagi,

6. DESA WISATA GLAGAH

Agrowisata buah naga di desa wisata glagah akan memanjakan lidah para pengunjung. Desa wisata  yang terletak berdekatan dengan Pantai Glagah sehingga anda yang berkunjung bisa sekaligus menikmati semilir angin pantai. Festival layang layang dan motorcross menjadi event tahunan desa wisata Glagah ini, ada juga pertunjukkan gamelan dan karawitan yang menjadi daya tarik wisatawan. Makanan khas yang ditawarkan di daerah ini adalah buah naga, peyek kacang, peyek jingking, geblek tempe.

7. DESA WISATA MANDING

Desa wisata yang berlokasi di jalan Parangtritis km 11 ini terkenal sebagai sentra penghasil tas kulit. Harga tas kulit yang dijual bervariasi mulai dari harga Rp.70.000 hingga Rp.1000.000. Yang paling menarik adalah kita masih bisa menawar barang-barang yang di jual di sana. Sayangnya, dia area desa wisata ini masih jarang ditemui tempat makan. Wisatawan yang haus dan lapar selepas berbelanja mungkin harus mencari restoran atau tempat makan di lokasi lain.

8. DESA WISATA CANDRAN

Desa wisata yang mempunyai kampung tani internasional ini terletak di di dusun Mandingan, Kelurahan Kebonagung. Dengan alam pedesaan yang masih alami desa candran memberikan wisata dengan nuansa yang sangat mengasyikkan karena desa ini memiliki daya tarik yang sangat menawan untuk di kunjungi. 

Di Kampung ini juga terdapat museum tani Jawa Indonesia yang berdiri tahun 2006. Segala atraksi wisata yang disajikan  seperti meniti sawah memang sudah menjadi keseharian warga setempat. Sehingga semuanya terkesan sangat natural. Tak lupa disini anda juga dapat belajar membatik. Event tahunan yang diadakan di tempat ini adalah festival orang orangan sawah yang biasanya berlangsung bulan September.

9. DESA WISATA KEMBANG ARUM

Desa Wisata Kembangarum (Dewi Kembar), Donokerto, Turi, Sleman terletak di kawasan Lintas Merapi, desa Kembangarum dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan kendaraan bermotor. Setelah anda melewati jalan berliku-liku, sebuah papan nama kecil menyambut anda sebelum memasuki desa Kembangarum. Gang kecil yang anda lewati masuk ke dalam lokasi desa wisata rindang oleh daun pohon salak pondoh semakin menambah sejuk dan nyaman suasana. 

Pagar batu yang ditata sedemikian rupa rapinya, tampak menyatu dengan alam, natural dan sederhana tetapi terlihat kokoh. Berbagai tanaman hias ditanam di sepanjang gang, perpaduan ini jelas membedakan desa Kembangarum dari desa biasa. Suasananya tenang, dengan perumahan tradisional dan udara yang segar. 

Desa wisata Kembangarum ini bisa disebut sebagai Desa wisata Pendidikan karena para pengunjung yang datang di sini tidak saja menikmati suasana dan keramahtamahan penduduk yang ada di sini tetapi yang membedakan adalah anda akan mendapat banyak pelajaran dan pengetahuan dari kunjungan wisata ini, tidak sekedar datang dan pergi begitu saja, ada nuansa edukasi yang akan anda peroleh di desa wisata ini istilahnya : "Anda datang senang pulang tambah pintar"

10. DESA WISATA TEMBI

Desa Wisata Tembi sendiri merupakan nama yang diadaptasi menjadi sebuah lembaga kebudayaan Rumah Budaya Tembi. Di desa ini kita bisa menginap di cottage maupun rumah-rumah warga. Dengan membayar Rp 50-100 ribu per orang, kita sudah bisa menginap semalam dan juga diberi sarapan pagi.

Di Tembi ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, ada galeri batik, sebuah cottage cantik, sebuah restoran yang unik dan sebuah galeri lukisan. Oh iya, di sini kita juga bisa melihat pembuatan aneka kerajinan khas Yogyakarta, seperti keranjang anyaman dan aneka dompet.

Selain itu juga ada Museum Rumah Budaya Tembi, yang memiliki koleksi yang cukup variatif seperti peralatan tradisional masyarakat Jawa, keris, tombak, peralatan bertani, peralatan seni membatik, gamelan dan lain sebagainya. 

Jika anda tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata di Jogja, anda juga bisa menggunakan Rental Mobil di Jogja bersama TRANSMOJO.

Adapun biayanya Rental Mobilnya adalah sebagai berikut :

Rental Mobil Avanza : Rp 500.000 / 12 jam
Rental Mobil Innova  : Rp 600.000 / 12 jam 
Rental Mobil Travelo : Rp 650.000 / 12 jam
Rental Mobil Elf        : Rp 900.000 / hari

Keterangan :
1. Harga sudah termasuk Include Driver dan BBM.
2. Harga tidak termasuk tiket masuk obyek wisata dan biaya parkir.
3. Kelebihan waktu dikenakan biaya 10% / jam

Sedangkan untuk jasa Sewa Motor di Jogja anda juga bisa menghubungi kami.

Untuk informasi, bisa hubungi Call Centre TRANSMOJO
Jl. Monjali Gg.Mangga No.166A Karangjati Sleman
HP : 08122.9573335 / 087830806168
Pin BB : 5BB5CE51
website : www.sewamotordijogja.com

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Desa Wisata di Jogja yang wajib anda kunjungi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://transmojo.blogspot.com/2014/07/10-desa-wisata-di-jogja-yang-wajib-anda.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

7 komentar:

Jogja Wisata mengatakan...

Informasinya menarik Gan...

TRANSMOJO mengatakan...

Terima kasih gan.. Semoga bermanfaat yah

duniabaru mengatakan...

jogja emang lengkap tempat wisatanya, nice info... bumilangit institute udah pernah denger belum?..

absenfingerprint.com mengatakan...

Informasi menarik...
absensi sidik jari Jogja

Unknown mengatakan...

Tambah lagi dong...yang baru Nichh
Teman-teman Lokasi Kunjungan di Desa WIsata Kabupaten Sleman

DESA WISATA PULESARI
Alamat: Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta
Follow @WisataPulesari
https://desawisatapulesari.wordpress.com

naryatours mengatakan...

informasinya sangat menarik. makasih ya jadi lebih tau desa wisata diyogyakarta

nia damayanti mengatakan...

Iya info bagus besok kalau liburan ke jogja buat referensi

Posting Komentar

Peta Rental Motor Mobil Jogja

Sewa Mobil dan Motor Jogja support Hotel Murah di Jogja - Original design by Bamz | Copyright of Rental Motor dan Mobil Jogja.